PS3M Hosting Ekspos Hasil Penelitian Menghadirkan Dr. Elizabeth M.M Lasut, MA.Ed dari Universitas Klabat

PS3M memfasilitasi ekspos hasil penelitian dengan tema "Mitos Sertifikasi Mensejahterakan Guru" pada hari Kamis, 14 Maret 2019 di Sekretariat PS3M.

Tema ini diangkat dari judul penelitian, "Dampak Sertifikasi terhadap Kualitas Hidup Guru-guru Agama di Kota Manado".
 
 
Peneliti, Sulaiman Mappiasse, mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan audiens sekitar 30 menit. 
 
Dia menjelaskan bahwa meskipun kualitas hidup obyektif materil para guru agama yang diteliti telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, kualitas hidup subyektif psikologis mereka belum mencapai harapan. Idealnya, peningkatan kualtias hidup obyektif materil diikut dengan peningkatan kualitas hidup subyektif psikologis. 
Menurutnya, ketidakselarasan antara dua dimensi kualitas hidup ini bisa jadi karena gaji profesi mereka belum berbanding lurus dengan kebutuhan ril mereka yang memungkinkan mereka bekerja sebagai pendidik secara total tanpa hambatan. Kemungkinan lain, peningkatan kualitas hidup materil tersebut dibarengi dengan beban tugas yang membuat mereka tidak nyaman atau kurang puas dengan kondisi mereka.

Lalu, Dr. Elizabeth M.M Lasut menyampaikan komentar dan tanggapannya terkait dengan kualitas hidup guru di Kota Manado. Beliau mempertanyakan, "Apakah kondisi kualitas hidup guru-guru yang ada di Kota Manado sama dengan guru-guru yang ada di wilayah pedesaan?" Menurutnya, pertanyaan ini perlu diteliti lebih jauh.
 
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.