Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Pd: Deteksi Dini Konflik dengan Pendekatan Aktor

PS3M Manado - Bertempat di Sekretariat Pusat Kajian IAIN Manado, atas undangan Pusat Studi
 Masyarakat Muslim di MINAHASA, Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Pd, mempresentasikan proyek risetnya tentang model deteksi dini konflik, Selasa, 19 Maret 2019. 
Dalam forum diskusi yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang peserta dari kalangan dosen, peneliti, mahasiswa dan umum ini, Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Pd, Kepala Pusat Penelitian Otak Unstrat, mengawali presentasinya dengan mengatakan bahwa kajian konflik dan kekerasan dapat didekati dengan tiga model: aktor, konten, dan instrumen. 
Beliau memilih pendekatan aktor dengan referensi teoritis multidisipliner. Latar belakang kedokteran dengan spesialisasi di
bidang kajian otak/neurosains, beliau mengakui, banyak memberi kontribusi dalam pemikirannya. Tetapi visi beliau ingin mengembangkan sebuah model deteksi dini konflik dengan pendekatan multidisipliner. Konflik, menurut beliau, memiliki tingkatan aktualisasi sebagai berikut: (1) potensi, (2) manifest, (3) personalisasi, dan terakhir (4) institutionalisasi. 
Di akhir diskusi, beliau berharap bahwa PS3M dan para pihak yang berkepentingan dapat bekerjasama dan terlibat dalam proyek beliau di masa-masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.